Psikologi Forex: Menetapkan dan Memenuhi Tujuan yang Realistis

Psikologi Forex: Menetapkan dan Memenuhi Tujuan yang Realistis - Anda mungkin memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran anda, tetapi tujuan tersebut harus memiliki tiga karakteristik penting, yaitu:
1.   Tujuan anda harus realistis.
2.   Tujuan anda harus dapat dicapai.
3.   Tujuan anda harus dapat diukur.

Tujuan  anda  harus  realistis.  Ini  berarti  tujuan  anda  haruslah  sesuatu  yang sesuai  dengan  kemampuan  anda.  Tentu  mungkin  saja  menghasilkan  jutaan  dolar dalam tahun pertama anda trading, tetapi mungkin hal itu tidak terlalu realistis karena hal tersebut belum sesuai dengan kemampuan anda.
Menetapkan dan Memenuhi Tujuan-Tujuan yang Realistis

Tujuan anda harus dapat dicapai. Hal ini serupa dengan tujuan yang realistis. Sekali lagi, tujuan anda harus sesuai dengan kemampuan  anda. Contohnya  apabila anda ingin mendapatkan rata-rata $1 - $2 per hari dari perdagangan forex  anda dengan modal $100.  Tujuan  tersebut  lebih  mungkin  dipenuhi  dibandingkan  tujuan membuat  $200 dalam  sehari.  Jangan  salah,  apabila  anda mencapai hasil yang baik dengan tujuan anda saat ini, tidak ada alasan anda   tidak bisa menaikkan tujuan tersebut. Tapi anda harus mulai dengan tujuan yang mungkin anda capai dan mulai membangunnya. Saya sangat menyarankan anda memulai dari tujuan yang kecil dan membesarkannya.

Tujuan anda harus dapat diukur. Ini adalah kesalahan yang paling sering saya lihat dari seseorang. Semua orang ingin menjadi kaya atau mendapatkan keuntungan dari pasar. Hal itu menjadi  tujuan setiap orang. Tetapi asal anda tahu saja, hal itu bukan merupakan tujuan yang sesungguhnya. Sebuah tujuan harus dapat diukur. Anda harus tahu apakah anda masih jauh, dekat atau apabila anda telah mencapai tujuan tersebut. Apabila tujuan tersebut tidak dapat diukur, anda tidak bisa tahu apakah anda telah mendapatkannya atau belum. Lebih parah lagi, anda tidak pernah tahu seberapa dekat anda dengan pencapaian tujuan anda.

Pada  saat  saya  pertama  kali  bekerja  di  dunia  trading,  saya  menghabiskan banyak waktu berbicara kepada trader-trader lain tentang bagaimana mereka menghasilkan uang di forex. Tampaknya semakin banyak saya berbicara kepada para trader, jawaban-jawaban  mereka kedengaran  semakin sama. Penetapan tujuan yang realistis dan dapat diukur sangatlah penting untuk mencapai kesuksesan dalam trading. Bahkan  hanya  berusaha  menghasilkan  uang setiap hari (tanpa  tujuan) adalah jalan menuju kegagalan.

Sama pentingnya dengan menetapkan tujuan yang spesifik, anda harus memvisualisasikan diri anda mencapai tujuan tersebut dengan sukses setiap hari. Apabila  anda  tidak  bisa  melihat  diri anda  (dalam  pikiran)  sebagai  seseorang yang  sukses ,  anda  tidak  mungkin  menjadi  sukses.  Hal  tersebut  tidak  akan terjadi!

Saya  ingin  berbagi  pengalaman,  saat-saat  dimana  saya  melakukan  trading dengan baik dan menghasilkan  banyak uang, adalah ketika saya memfokuskan  diri secara total kepada tujuan saya yang spesifik. Dan, di sisi lain, saat-saat buruk saya dalam  trading  adalah  ketika  saya  kehilangan  arah  dari tujuan  saya  dan saya tidak melihat tujuan saya sejelas yang seharusnya saya lihat.

Dan anda tahu? Hal tersebut terlihat dalam hasil yang saya capai setiap saat. Semakin anda melatih menetapkan tujuan yang realistis, semakin mudah anda mencapainya secara konsisten.

Referensi: Rahasia Menuju Trading Bebas Emosi - Psikologi Forex: Menetapkan dan Memenuhi Tujuan yang Realistis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel