Contoh Perencanaan Usaha dan Bisnis yang Strategis [Kedai Kopi]

Contoh Perencanaan Usaha dan Bisnis yang Strategis [Kedai Kopi]

Ilustrasi       

      Pada era globalisasi ini, konsumerisme kuliner masyarakat Indonesia semakin tinggi. Membuat dan menjalankan sebuah kafe adalah bisnis yang sangat menguntungkan antara konsumen dan produsen, untuk itu kami memiliki inisiatif membuat sebuah kafe yang nyaman dan disukai banyak orang. “La Café” adalah nama yang kami pilih untuk membuat kafe yang sederhana tapi berkesan luar biasa, walaupun nama “La Café” sangat identik dengan bahasa Spanyol bukan berarti “La Café” menjual makanan atau minuman khas Spanyol, justru sebaliknya. Saya menyusun konsep La Café ini secara apik dan bermutu agar orang penasaran dan selalu ingin kembali ke La Caféini.

Contoh Perencanaan Bisnis yang Strategis


Perbedaan kafe ini dari kafe lainnya adalah dari segi arsitektur dan menu yang ditawarkan. Dari segi arsitekur, kafe ini di buat senyaman dan di desain se-apik mungkin untuk membuat para pelanggan terkesan. Desain yang sederhana tapi penuh artistik. Menu yang ditawarkan di “La Café” sendiri adalah macam kue dan beberapa makanan berat asli khas Indonesia tetapi akan dimodifikasi dengan rasa unik dengan cita rasa yang tinggi yang akan memanjakan lidah para konsumen, Disajikan dengan bahan-bahan yang berkualitas dan di tata secara menawan sehingga terkesan seperti makanan mewah di restoran, tidak perlu mengkhawatirkan soal harga. Menu yang ditawarkan sangat pas diperut dan dikantong pelanggan.

            La Café sangat cocok untuk para remaja hingga yang berumur karena selain harganya bersahabat, fasilitasnya juga memadai karena tersedia Wi-fi gratis untuk pelanggan dan stock contact di beberapa bawah meja. Bisnis kafe ini sangat menjanjikan karena selain tempatnya strategis, La Café ini berada dipusat kota dekat toko-toko dan restoran-restoran. Dengan begitu saya tidak khawatir akan berkurangnya pelanggan atau bertambahnya pesaing. Dengan ide kreasi kami yang begitu ingin mempersembahkan yang terbaik untuk konsumen dan tentunya konsumen dapat menerima “La Café” sebagai tempat favorit mereka. Tempat ini dulunya ruko pada akhirnya kami sulap menjadi kafe indoor dan outdoor. Kafe indoor di lantai bawah, sedangkan lantai atas dibuat outdoor, jadi selain menikmati hidangan juga bisa menikmati pemandangan disekitar.


            Disini kami akan bekerja scepat mungkin agar para konsumen tidak menunggu lama, begitu juga dengan saya. Saya sebagai pemilik sekaligus manejer akan turun tangan untuk bekerjasama dengan karyawan lain dan melihat perkembangan usaha “La Café” ini setiap harinya. Dengan begitu saya dapat mengerti apa kelebihan dan kekurangan dari kafe ini dan mencoba untuk memperbaikinya sedikit demi sedikit.


 Segmen Pasar

Dalam proses pemasaran kami akan mempromosikan secara luas untuk menarik para konsumen sebanyak-banyaknya. Selain itu “La Café” ini akan menjadi kafe yang beda dengan yang lainnya. Sementara itu ada marketing 4P, yaitu:

1.      Product
Kualitas bahan makanan yang kami buat berkualitas tinggi dan selalu menjaga kbersihan dari bahan makanan tersebut. Menu yang kami tawarkan adalah makanan ringan ala Indonesia dan di modifikasi dengan rasa modern saat ini. Tentu saja rasanya akan unik dan menggugah selera para konsumen.

2.      Price
Harga yang kami tawarkan bervariasi dan cukup untuk kantong para remaja mulai dari Rp. 6.000 sampai dengan Rp. 20.000 saja. Harga tersebut sepadan dengan layanan, tempat dan fasilitas yang kami tawarkan.

3.      Place
“La Café” bertempat strategis karena berada ditengah kota dan dapat  dijangkau oleh masyarakat dan desain kafe yang unik dan nyaman terinspirasi dari beberapa kafe yang berada di Korea selatan.

4.      Promotion
Dengan kemajuan teknologi saat ini yang berkembang di Indonesia, banyak cara yang akan dilakukan untuk mempromosikan “La Café” ini. Beberapa contoh seperti mengiklankan di beberapa jejaring sosial. Menyebarkan brosur ke beberapa tempat seperti di universitas atau mall. Tiga hari pembukaan pertama

“La Café” kami akan membuat pertunjukan sederhana seperti 2 karyawan kami akan memakai kostum panda dan kelinci dan 1 orang karyawan akan mempromosikan “La Café” ini. Dengan begitu orang-orang sekitar akan tertarik melihatnya dan mencoba masuk ke “La Café”.

 Jenis Usaha

Berikut menu yang kami tawarkan kepada konsumen:
SNACK:
  • ·         Summer Telo  (dibuat dari tela madu dan deberi rasa yang bervariasi)
  • ·         Putu Honhab   (putu dengan isian yang bervariasi dengan warna yang berbeda)
  • ·         Ketan Regenbogen   (ketan warna warni dengan rasa yang unik)
  • ·         Autumn Latok   (Latok dengan saus yougurt kental dan rasa yang lain)
  • ·         Mochikfun   (mochi pelangi dengan isian yang bervariasi)
  • ·         Lumpia gres   (lumpia dengan isian dan bumbu berbeda)
  • ·         Njamur mur   (jamur goreng dengan varian bumbu dan saus)
  • ·         Heichi   (terbuat dari tepung dengan isian sayur dan daging)
  • ·         Husi   (tahu isi yang berisi bermacam-macam sayur,daging,mie dan sosis)
  • ·         Suscres   (terbuat dari usus ayam yang digoreng dan deberi variasi bumbu)


FOOD:
  • ·         Sushi Pecel
  • ·         Sushi Gudek
  • ·         Rolado Ramyeon   (daging panggang dibalut dengan mie)


COFFEE:
  • ·         Kopi Svart   (kopi hitam khas nusantara)
  • ·         Expresso
  • ·         Cappuchinno
  • ·         Latte
  • ·         Kopi melk  (kopi susu krim)


DRINKS:
  • ·         Ppang Ice Cream (ice cream dengan roti)
  • ·         Ice Mikkusu (es campur dengan varian rasa)
  • ·         Cha Lait (teh susu)
  • ·         Ice Lemon
  • ·         Tea real
  • ·         Sun White (es rumput laut plus cendol)


 Tujuan
  • 1.      Mendapat keuntungan dari penjualan makanan dan yang lainnya.
  • 2.      Melestarikan jajanan asli Indonesia dan memodifikasinya dengan rasa modern.
  • 3.      Menciptakan kreasi yang berbeda dari kafe lainnya.
  • 4.      Memberikan pelayanan yang berbeda dan menciptakan suasana yang menyenangkan.
  • 5.      Meningkatkan daya tarik produk makanan dan minuman “La Café”.
  • 6.      Menggunakan sajian yang unik dengan rasa fantastis.


Perencanaan Keuangan

Biaya pembangunan “La Café” Rp. 130.800.000,- dengan rincian berikut:
1.      Modal awal                                               Rp. 130.800.000

2.      Biaya Investasi
-          Sewa lahan per tahun                          Rp.   60.000.000
-          Renovasi                                             Rp.   20.000.000
-          Kursi, meja, fasilitas lainnya               Rp.   30.000.000
-          Wifi                                                     Rp.        800.000
-          Peralatan dapur dan lainnya                Rp.   20.000.000
Sub Total                                             Rp. 130.800.000

3.      Biaya Operasional
-          Gaji menejer                                                                Rp.    2.500.000
-          Gaji 3 baker per bulan @ Rp. 1.500.000                    Rp.    4.500.000
-          Gaji 2 pramusaji per bulan @ Rp. 1.300.000              Rp.    2.600.000         
-          Gaji 1 kasir per bulan @ Rp. 1.200.000                      Rp.    1.200.000
-          Membayar listrik,air dan telepon per bulan                 Rp.       200.000
-          Membayar wifi per bulan                                            Rp.       500.000
-          Membeli bahan pokok makanan                                 Rp.    4.000.000
-          Biaya promosi                                                             Rp.       600.000
-          Biaya tak terduga                                                        Rp.       200.000
Sub Total                                                                     Rp.  16.300.000

            Total modal yang diperlukan Rp. 130.800.000

4.      Pendapatan
No.
Jenis produk
Target penjualan / porsi / hari
Target penjualan / bulan
  1.
Snack:
a.       Summer Telo
b.      Putu Honhab
c.       Ketan Regenbogen
d.      Autumn Latok
e.       Mochikfun
f.       Lumpia gres
g.      Njamur mur
h.      Heichi
i.        Husi
j.        Suscres

5
10
10
5
12
5
7
7
7
5

150
300
300
150
360
150
210
210
210
150
2.
Food:
a.       Sushi Pecel
b.      Sushi Gudek
c.       Rolado Ramyeon

10
10
10

300
300
300
3.
COFFEE:
a.       Kopi Svart
b.      Expresso
c.       Cappuchinno
d.      Latte
e.       Kopi melk

5
10
10
10
5

150
300
300
300
150
4.
DRINKS:
a.       Ppang Ice Cream
b.      Ice Mikkusu
c.       Cha Lait
d.      Ice Lemon
e.       Tea real
f.       Sun White

7
5
5
7
5
7

210
150
150
210
150
210

No.
Jenis produk
Biaya produksi / porsi
Harga jual / porsi
Pendapatan / porsi
Pendapatan / bulan
1.
Snack:
a.       Summer Telo
b.      Putu Honhab
c.       Ketan Regenbogen
d.      Autumn Latok
e.       Mochikfun
f.       Lumpia gres
g.      Njamur mur
h.      Heichi
i.        Husi
j.        Suscres
Rp.
5.000

5.000

3.000



4.000

15.000

5.000

4.000

5.000

4.000

4.500
Rp.
9.000
9.000
6.000

8.000
20.000
8.000
8.000
9.000
8.000
7.000
Rp.
4.000
4.500
3.000

4.000
5.000
3.000
4.000
4.000
4.000
3.500
Rp.
600.000
1.350.000
900.000

600.000
I.800.000
450.000
840.000
840.000
840.000
525.000
2.
Food:
a.       Sushi Pecel
b.      Sushi Gudek
c.       Rolado Ramyeon

10.000
12.000
15.000

14.000
16.000
19.000

4.000
4.000
4.000

1.200.000
1.200.000
1.200.000
3.
COFFEE:
a.       Kopi Svart
b.      Expresso
c.       Cappuchinno
d.      Latte
e.       Kopi melk

8.000
12.000
13.000
12.000
12.000

13.000
18.000
17.000
16.000
15.000

5.000
6.000
4.000
4.000
3.000

750.000
1.800.000
1.200.000
1.200.000
450.000
4.
DRINKS:
a.       Ppang Ice Cream
b.      Ice Mikkusu
c.       Cha Lait
d.      Ice Lemon
e.       Tea real
f.       Sun White

15.000
12.000
9.000
10.000
9.000
10.000

20.000
16.000
14.000
17.000
12.000
17.000

5.000
4.000
5.000
7.000
3.000
7.000

1.050.000
600.000
750.000
1.470.000
450.000
1.470.000
Total
23.535.000

Pendapatan per bulan                          Rp. 23.535.000
Biaya operasional per bulan                Rp. 16.300.000
Laba bersih bulan pertama                  Rp.   7.235.000          

Perkiraan laba selama 2 bulan
Bulan 1
Bulan 2
Pendapatan per bulan
Rp.                        23.535.000
Rp                         23.535.000
Biaya operasional per bulan
Rp.                        16.300.000
Rp.                        16.300.000
Laba bersih
Rp.                          7.235.000
Rp.                          7.235.000

Dalam waktu 18 bulan dalam keuntungan tersebut bisa membalikkan modal awal yang telah kita keluarkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel